dora the explorer


Dora and Boots.jpg
Dari kiri ke kanan: Swiper (di latar belakang), Dora, dan Boots
Genre Seri Animasi
Pembuat Chris Gifford
Valerie Walsh
Eric Weiner
Sutradara George S. Chialtas
Gary Conrad
Sherie Pollack
Arnie Wong
Pengisi suara Kathleen Herles
Harrison Chad
Jake Burbage
Ashley Fleming
Jose Zelaya
Marc Weiner
Sasha Toto
Komposer lagu tema Joshua Sitron
Billy Straus
Negara  Amerika Serikat
Jumlah musim 5
Jumlah episode 107
Produksi
Produser eksekutif Chris Gifford
Penyunting Gayle McIntyre
Karyn Finley Powell
David Wigforss
Durasi 45 menit
Siaran
Saluran asli Nickelodeon
Penayangan awal 14 Agustus 2000 – (masih berlangsung)
Kronologi
Dilanjutkan oleh Go Diego Go! (2005-...)
Dora the Explorer adalah serial animasi televisi anak-anak dari Amerika Serikat milik jaringan televisi kabel Nickelodeon. Episode percobaan disiarkan tahun 1999 dan menjadi seri reguler mulai tahun 2000. Serial ini dibuat oleh Chris Gifford, Valerie Walsh, dan Eric Weiner.

[sunting] Tokoh dan Cerita

  • Dora
Tokoh utama serial ini, adalah seorang gadis kecil yang baik hati dan senang menjelajah. Ia selalu ditemani oleh Boots, seekor monyet. Mereka berdua menjelajah untuk membantu seorang teman atau mencari sesuatu yang mereka butuhkan. Arah penjelajahan mereka biasanya dibimbing oleh peta yang saat tidak digunakan tersimpan dalam ransel milik Dora. Selain peta, di dalam ransel Dora juga terdapat berbagai benda yang dibutuhkan dalam penjelajahan mereka. Sepanjang perjalanan mereka akan dibantu oleh beberapa teman yang akan membantu, seperti keluarga dan saudara Dora, juga binatang-binatang, tumbuhan, atau benda yang bisa berbicara lainnya. Satu-satunya yang sering menghambat perjalanan mereka adalah Swiper, seekor rubah. Ia suka mencuri barang-barang yang dibutuhkan dalam perjalanan.
Dalam penjelajahannya, Dora banyak mengajak penonton untuk "turut" membantunya, seperti mengajak anak-anak yang menjadi penontonnya untuk menjawab pertanyaan Dora, membantu menghitung, memilih jalan atau benda yang mereka butuhkan dari beberapa alternatif pilihan, mencari benda yang tersembunyi, atau memperingatkan bila Swiper mendekat. Keterlibatan berlanjut dengan munculnya anak panah menyerupai penunjuk tetikus dalam komputer, sehingga penonton seolah bisa melakukan pilihan atau menunjuk sesuatu.
Di ahir perjalanan, ketika tujuan mereka sudah tercapai, Dora biasanya merayakan keberhasilannya dengan menyanyikan lagu keberhasilan. Dora pun akan menanyakan pada penonton bagian mana dari perjalanannya yang paling disukai.
  • Boots
seekor kera yang sangat lucu. Ia selalu menemani Dora dalam setiap petualangannya. Ia selalu memakai sepatu boots berwarna merah. Ia sangat periang. Di sebuah episode, di ceritakan bagaimana Dora bertemu dan berkenalan dengan Boots yaitu ketika Dora hendak berpetualang dan menemukan Boots di bawah pohon dan sedang kesepian.
  • Issa
Seekor Iguana hijau yang juga teman Dora. Ia sangat manis dan lembut. Ia suka mengoleksi atau menanam bunga. Bunga yang paling ia sukai adalah Bunga Matahari.
  • Benny
Seekor banteng berwarna biru dengan slayer kuning bertotol biru di lehernya yang juga teman Dora dan Boots. Ia suka bersepeda.
  • Ticco
seekor tupai yang selalu memakai jaket pelampung berwarna-warni. Di episod"Dora The Explorer" yang dulu, Ticco memakai bahasa Spanyol. Namun sekarang, Ticco memakai bahasa Inggris. Ticco ini sangat cerdas dan pandai. Ia tinggal di sebuah Pohon kacang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 التعليقات:

إرسال تعليق

Free Donald Duck Walking ani - Precision Select Cursors at www.totallyfreecursors.com